Selamat Datang di Dunia Neurovaskular & Neurointervensi

idik

idik

Sunday 19 August 2018

Stemcell pada stroke, waktunya sudah dekat ?

IV thrombolysis menjadi standar terapi stroke iskemik  dalam 4.5 jam, dan trombektomi menjadi primadona baru untuk large vessel occlusion. Sementara, neuroprotektan telah menjadi dongeng masa lalu yang mulai ditinggalkan. Pertanyaannya, mungkinkah ada terapi lain yang mampu memberikan benefit pada pasien stroke setelah itu ?

Pada 1 Agustus 2018, MASTERS-2, merupakan clinical trial fase 3, pemberian IV stemcell (multistem®), telah merekrut pasien pertama di Oregon US. Diberikan pada moderate to moderate-severe ischemic stroke, dengan target subyek penelitian 300 orang. Stemcell diberikan pada 18-36 jam setelah stroke, efektivitas akan dievaluasi dalam 3 bulan dan 12 bulan.

Peneltian sebelumnya, menyatakan bahwa pemberian intravenous stemcell aman tapi tidak memberikan manfaat pada stroke. Semua Neurolog tentu menunggu hasil riset ini dengan harap-harap cemas. Apabila hasil meyakinkan, maka tidak terlalu lama lagi, stemcell akan menjadi standar terapi pada pasien stroke,…kita tunggu saja…!

No comments:

Post a Comment